Tuesday, August 1, 2017

RPP Kurikulum 2013 pelajaran IPS terbaru

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

A.    Nama sekolah                   : SMPN 1 INDRAJAYA
B.     Mata pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/Subtema                  : Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi
C.     Kelas/semester                  : VII/II
D.    Materi pokok                    : -         Peran iptek dalam kegiatan ekonomi
-  Pengertian iptek
-  Dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi
E.     Alokasi waktu                  : 4 x 40 M  (2x Pertemuan )

F.      Tujuan pembelajaran        :
1.      Menjelaskan peran iptek dalam kegiatan ekonomi
2.      Menjelaskan pengertian iptek
3.      Menjelaskan dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi

G.  Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
3.1.Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga mengahasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosia, dan budaya indonesia
3.1.1       Menjelaskan peran iptek dalam kegiatan ekonomi
3.1.2       Menjelaskan pengertian iptek
3.1.3       Menjelaskan dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi

4.1  Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosia, dan budaya indonesia
4.2.1        Menyajikan hasil telaah tentang peran iptek dalam kegiatan ekonomi
4.2.2        Mempresentasikan hasil kerja kelompok yang di wakili oleh salah satu anggota kelompok dan kelompok lain emanggapinya


 H.   Materi pembelajaran :
Materi Reguler
1.      Menjelaskan peran iptek dalam kegiatan ekonomi
2.      Menjelaskan pengertian iptek
3.      Menjelaskan dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi

Materi Pengayaan
Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi indonesia
Materi Remedial ( tergantung materi yang belum tuntas)
a.       ... ?
b.      ... ?


I.     Metode pembelajaran,  :
Ø Pendekatan                 : Sceintific
Ø Model Pembelajaran   : Problem Based Learning (PBL)
Ø Metode                       : tanya jawab, diskusi kelompok

J.     Media pembelajaran,        :
ü  Gambar tentang iptek
ü   
K.   Sumber belajar                 :
a)   Buku Paket IPS SMP Kelas VII
b)   Buku Referensi yang relevan ( Ilmu Pengetahuan Sosial)

L.    Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan  penutup

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
Pertemuan ke-1 ( 2 X 40 menit )
1.      Salam, doa dan memeriksa kehadirin peserta didik.
2.      Membaca satu hari satu ayat
3.      Apresiasi:
dengan menanyakan peserta didik : apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan manusia? Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi ? dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar yang disajikan pada prawacana.
4.      Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran

10 menit

Inti
(Fase 1  : Mengamati :
-      Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan
( Fase 2 ) Menanya:
-      Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia,dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompotensi dasar.
 (Fase 3) Mengumpulkan Data/Informasi:
-      Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi
-      Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
 (Fase 4) Mengasosiasi :
-      Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
-      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
(Fase 5)  Mengomunikasikan :
-      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok dan anggota kelompok lain memberi tanggapan.
-      Peserta didik menyajikan hasil simpulan.
60 Menit




Penutup


a.    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
b.    Guru memberi penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
c.    Peserta didik diminta melakukan reflesksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
d.   Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
e.    Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru
f.     Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya  yaitu kegiatan ekonomi dan mengerjakan aktivitas individu pada buku siswa
10 menit




Pendahuluan
Pertemuan ke-2 ( 2 X 40 menit )
1.      Salam, doa dan memeriksa kehadirin peserta didik.
2.      Membaca satu hari satu ayat.
3.      Apresiasi:
dengan menanyakan peserta didik : apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan manusia? Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi ? dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar yang disajikan pada prawacana.
4.      Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran

10 menit
Inti
(Fase 1  : Mengamati :
-      Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan
( Fase 2 ) Menanya:
-      Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia,dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompotensi dasar.
 (Fase 3) Mengumpulkan Data/Informasi:
-      Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi
-      Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
 (Fase 4) Mengasosiasi :
-      Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
-      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
(Fase 5)  Mengomunikasikan :
-      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok dan anggota kelompok lain memberi tanggapan.
-      Peserta didik menyajikan hasil simpulan.
60 Menit


Penutup


a.       Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
b.      Guru memberi penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
c.       Peserta didik diminta melakukan reflesksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
d.      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
e.       Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru
f.       Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya  yaitu kegiatan ekonomi dan mengerjakan aktivitas individu pada buku siswa
10 menit



M. Penilaian hasil pembelajaran.
1.      Teknik penilaian
a.    Penilaian Sikap
Ø  Observasi
Ø  Jurnal
b.   Penilaian Pengetahuan
Ø  Tes Tulis
Insrumen Penilaian :
Soal :
1).    Jelaskan peran iptek dalam kegiatan ekonomi ?
2).    Jelaskan pengertian iptek ?
3).    Jelaskan dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi?
Ø  Observasi Diskusi (lembaran terlampir)
c.    Penilaian Ketrampilan
Ø  Kinerja
-      Siswa bekerja sama dalam berdiskusi (Rubrik Pengamatan Diskusi Terlampir)
Ø  Praktik
-      (Siswa mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok)
2.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
Ø  Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar akan diremedial pada materi yang belum tuntas.
Soal Remedial :
Ø  Apa yang dimaksud dengan penawaran....?
b.      Pengayaan
Ø  Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan akan diberikan pengayaan materi yang berhubungan dengan peran iptek dalam kegiatan ekonomi
Ø  Bagi siswa yang belum tuntas akan di beri remedial dengan cara pemberian tugas di rumah.




















Mengetahui,
Kepala Sekolah




MUHAMMAD, S.Pd
NIP: 196101129 198403 1 001

Guru Mata Pelajaran




ISNA, S.Pd
NIP. 19670829 201212 2 002

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI

No
Nama Siswa
Kemampuan presentasi
Kemampuan Berargumentasi
Kemampuan menjawab
Penguasaan materi
Jumlah Nilai
1






2






3






4






5






Dst







1) Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
                                                                                               


RUBRIK PENILAIAN DISKUSI

No
Nama Siswa
Pemahaman
materi
Kemampuan mengemukakan pendapat
Berkonstribusi
Kemampuan menerima pendapat teman
Jumlah Nilai
1






2






3






4






5






Dst







Keterangan :
1) Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4


Indrajaya                               2017
Guru Mata Pelajaran IPS,




ISNA .S.Pd
NIP. 196708292012122002

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home