RPP Kurikulum 2013 pelajaran IPS terbaru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Nama
sekolah : SMPN 1 INDRAJAYA
B.
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/Subtema : Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi
C.
Kelas/semester
: VII/II
D.
Materi
pokok : - Peran iptek dalam kegiatan ekonomi
- Pengertian iptek
- Dampak positiv dan dampak
negativ dalam kegiatan ekonomi
E.
Alokasi
waktu : 4 x 40 M
(2x Pertemuan )
F.
Tujuan
pembelajaran :
1.
Menjelaskan peran iptek dalam kegiatan
ekonomi
2.
Menjelaskan
pengertian iptek
3.
Menjelaskan
dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi
G. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.1.Memahami
konsep interaksi antara
manusia dengan ruang sehingga mengahasilkan berbagai kegiatan ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran) dan interaksi
antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosia, dan budaya
indonesia
|
3.1.1
Menjelaskan peran iptek dalam
kegiatan ekonomi
3.1.2
Menjelaskan
pengertian iptek
3.1.3
Menjelaskan
dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi
|
4.1 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara
manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan
ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran) dan
interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosia, dan
budaya indonesia
|
4.2.1
Menyajikan hasil telaah tentang peran iptek dalam kegiatan ekonomi
4.2.2
Mempresentasikan hasil kerja kelompok yang di wakili oleh salah satu
anggota kelompok dan kelompok lain emanggapinya
|
H.
Materi pembelajaran :
Materi Reguler
1.
Menjelaskan peran iptek dalam kegiatan
ekonomi
2.
Menjelaskan
pengertian iptek
3.
Menjelaskan
dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi
Materi Pengayaan
Peran
kewirausahaan dalam membangun ekonomi indonesia
Materi Remedial ( tergantung
materi yang belum tuntas)
a.
... ?
b.
... ?
I. Metode pembelajaran, :
Ø Pendekatan : Sceintific
Ø Model Pembelajaran : Problem Based
Learning (PBL)
Ø Metode : tanya jawab,
diskusi kelompok
J. Media pembelajaran, :
ü
Gambar tentang iptek
ü
K. Sumber
belajar :
a) Buku Paket IPS SMP Kelas
VII
b) Buku Referensi yang
relevan ( Ilmu Pengetahuan Sosial)
L.
Langkah-langkah pembelajaran dilakukan
melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
Pendahuluan
|
Pertemuan ke-1 ( 2 X
40 menit )
1.
Salam, doa dan
memeriksa kehadirin peserta didik.
2.
Membaca satu hari
satu ayat
3.
Apresiasi:
dengan
menanyakan peserta didik : apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia
terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan manusia?
Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi ? dengan
pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar
yang disajikan pada prawacana.
4.
Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
|||
Inti
|
(Fase 1 : Mengamati :
-
Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk
memenuhi kebutuhan
( Fase 2 ) Menanya:
-
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang
kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia,dan
tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan
pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompotensi dasar.
(Fase 3) Mengumpulkan
Data/Informasi:
-
Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi
lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia,
kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi
-
Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan
sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa),
kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif
dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
(Fase 4)
Mengasosiasi :
- Peserta didik melakukan kegiatan curah
pendapat untuk menganalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi
manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas
kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas
kelompok pada buku siswa).
- Peserta didik merumuskan simpulan dari
hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi
manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas
kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas
kelompok pada buku siswa).
(Fase 5)
Mengomunikasikan :
-
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di
depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok dan anggota
kelompok lain memberi tanggapan.
-
Peserta didik menyajikan hasil simpulan.
|
60 Menit
|
|||
Penutup
|
a.
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan hal-hal yang belum dipahami
b.
Guru memberi penjelasan atas
pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
c.
Peserta didik diminta melakukan
reflesksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi,
pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
d.
Peserta didik diberi pesan tentang
nilai dan moral
e.
Peserta diingatkan untuk
menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan
yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru
f.
Peserta didik diingatkan untuk membaca
materi pada subbab berikutnya yaitu
kegiatan ekonomi dan mengerjakan aktivitas individu pada buku siswa
|
10 menit
|
|||
Pendahuluan
|
Pertemuan ke-2 ( 2 X
40 menit )
1.
Salam, doa dan memeriksa kehadirin peserta didik.
2.
Membaca satu hari
satu ayat.
3.
Apresiasi:
dengan
menanyakan peserta didik : apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia
terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan manusia?
Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi ? dengan
pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar
yang disajikan pada prawacana.
4.
Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
|||
Inti
|
(Fase 1 : Mengamati :
-
Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk
memenuhi kebutuhan
( Fase 2 ) Menanya:
-
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang
kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia,dan
tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan
pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompotensi dasar.
(Fase 3) Mengumpulkan
Data/Informasi:
-
Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi
lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia,
kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi
-
Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan
sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa),
kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif
dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku siswa).
(Fase 4)
Mengasosiasi :
- Peserta didik melakukan kegiatan curah
pendapat untuk menganalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia(aktivitas
kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas kelompok pada buku
siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas kelompok pada buku
siswa).
- Peserta didik merumuskan simpulan dari
hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi
manusia(aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia(aktivitas
kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi(aktivitas
kelompok pada buku siswa).
(Fase 5)
Mengomunikasikan :
-
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di
depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok dan anggota
kelompok lain memberi tanggapan.
-
Peserta didik menyajikan hasil simpulan.
|
60 Menit
|
|||
Penutup
|
a.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan
hal-hal yang belum dipahami
b.
Guru memberi penjelasan atas pertanyaan yang
disampaikan oleh peserta didik
c.
Peserta didik diminta melakukan reflesksi terhadap
proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model
pembelajaran yang digunakan
d.
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
e.
Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan
hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan
untuk dikumpulkan kepada guru
f.
Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada
subbab berikutnya yaitu kegiatan
ekonomi dan mengerjakan aktivitas individu pada buku siswa
|
10 menit
|
|||
M.
Penilaian hasil pembelajaran.
1. Teknik penilaian
a.
Penilaian Sikap
Ø Observasi
Ø Jurnal
b.
Penilaian Pengetahuan
Ø Tes Tulis
Insrumen Penilaian :
Soal :
1).
Jelaskan peran iptek dalam kegiatan
ekonomi ?
2).
Jelaskan
pengertian iptek ?
3).
Jelaskan
dampak positiv dan dampak negativ dalam kegiatan ekonomi?
Ø Observasi Diskusi (lembaran terlampir)
c.
Penilaian Ketrampilan
Ø Kinerja
-
Siswa bekerja sama dalam berdiskusi (Rubrik Pengamatan Diskusi Terlampir)
Ø Praktik
-
(Siswa mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok)
2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Ø Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar akan diremedial
pada materi yang belum tuntas.
Soal Remedial :
Ø Apa yang dimaksud dengan penawaran....?
b. Pengayaan
Ø Bagi siswa yang sudah mencapai nilai
ketuntasan akan diberikan pengayaan materi yang berhubungan dengan peran iptek dalam kegiatan ekonomi
Ø Bagi siswa yang belum tuntas akan di beri remedial dengan cara pemberian
tugas di rumah.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MUHAMMAD,
S.Pd
NIP: 196101129 198403 1 001
|
Guru Mata Pelajaran
ISNA,
S.Pd
NIP. 19670829 201212 2
002
|
RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI
No
|
Nama
Siswa
|
Kemampuan
presentasi
|
Kemampuan
Berargumentasi
|
Kemampuan
menjawab
|
Penguasaan
materi
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
Dst
|
1)
Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
RUBRIK
PENILAIAN DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Pemahaman
materi
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Berkonstribusi
|
Kemampuan
menerima pendapat teman
|
Jumlah
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
Dst
|
Keterangan :
1)
Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
Indrajaya 2017
Guru Mata Pelajaran IPS,
ISNA .S.Pd
NIP. 196708292012122002
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home