Wednesday, November 22, 2017

Kumpulan RPP chapter 1 sampai 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan      : SMK PATI UNUS
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : XI/1
Materi pokok                         : BULLYING
Alokasi waktu                        : x 45 menit


A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):

1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belaja
2.3     Menunjukkan  perilaku tanggung jawab,peduli,kerjasama,dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.2    Menganalisis fungsi social, struktur teks,dan unsure kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran sesuai dengan konteks penggunaannya pendapat dan pikiran sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2     Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan memperhatikan fungsi social struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 
Indikator:
3.2.1   Siswa memahami fungsi social ,struktur teks,dan unsure kebahasaan untuk  menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran
3.2.2        Siswa mengidentifikasi fungsi social ,struktur teks,dan unsure kebahasaan untuk  menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran
3.2.3        Siswa menerapkan fungsi social ,struktur teks,dan unsure kebahasaan untuk  menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran

4.2.1      Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan serta menyatakan pendapat dan pikiran

C. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik terampil menggunakan ungkapan menyatakan danmenggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtun menanyakan tentang pendapat dan pikiran dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,kerjasama dan cinta damai.
D. Materi pembelajaran
Teks deskriptif  lisan dan tulis sederhana tentang pendapat dan pikiran
1.      Fungsi sosial
-Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain              2.   Struktur teks tentang:
Yuli                     : I think Rina’s answer to the question is not right. It should be ‘vinegar’.
Vivi                     : I think it is ‘vinegar’ too, not ‘wine’.
Yani                     : In my opinion, our volley ball team needs a new coach. Mr. Zulfan cannot      handle too  many teams himself.
Firda                    : I agree with you.
Rahmat                :Or English should be more active, I suppose. Why don’t we meet three       times a week?
Rully                  : I agree, but after the final exam. Now we are very busy preparing for it.
            3.Unsur Kebahasaan
(1) Kosa kata terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler, tugas sekolah, kebersihan  lingkungan , dsb.
(2) Tata bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.
(3) Ungkapan: I think... I suppose… In my opinion…, agree, diasagree, dsb.
(4) Kata kerja bantu modal: need, should, will, dsb.
(5) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7) Ejaan dan tanda baca                                                                                                  (8)Tulisan tangan

E.       Metode Pembelajaran

1.2.       Pendekatan     : Scientific Approach
1.3.       Model              : Project Based Learning
1.4.       Teknik             : Role Play





F.       Media,Alat,dan Sumber Pembelajaran

1.      Media   : Video
2.      Alat      : Laptop , load speaker , papan tulis, LCD
3.      Sumber : Kurikulum 2013,                                                                                                                     Buku Teks wajib
Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan   komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
  Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
  Contoh interaksi tertulis
  Contoh teks tertulis


G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan  ke 1

1.        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a.       Mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.      Memberi motivasi belajar
c.       Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti:
-       Have you seen someone getting bullied? What was you feeling? Were you scared or angry?
d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai (Based on my questions previously, Now,please guess! What topic are we going to discuss today)
e.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. ( yaitu materi tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang perasaan dan pikiran, bagaimana fungsi social, struktur teks, unsure kebahasaan dan tata bahasa, intonasi, dan tekanan kata

2.        Kegiatan Inti (65 menit)

Mengamati
a.       Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang opini yang terdapat di dalam video
b.      Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang opini atau pendapat
c.       Siswa menirukan contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang opini atau pendapat
d.      Siswa mengidentifikasi cirri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang opini atau pendapat 

Mempertanyakan
a.       Dengan bimbingan dan arahan guru,siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang pendapat atau pikiran dalam bahasa Inggris

Mengeksplorasi
a.         Siswa diberikan naskah berupa dialog dan mempraktekkan opini atau pendapat yang terdapat di dalam naskah secara berpasangan
b.        Siswa menanggapi dan memberikan opini atau pendapat yang terdapat di dalam naskah
c.         Siswa memerankan percakapan tentang memberikan pendapat atau opini yang di buat oleh siswa itu sendiri di depan kelas

3.        Penutup
Siswa di beri tugas untuk membaca koran atau majalah lalu memberikan opini terhadap artikel tersebut dan mengirim ke redaksi

Pertemuan ke 2

1.             Kegiatan pendahuluan (15 menit)

a.     Mengucapkan salaam dan berdoa bersama
b.    Menanyakan tugas sebelumnya
c.     Mengulang kembali materi sebelumnya

2.             Kegiatan Inti (65 Menit)

    Mengamati

a.    Guru menunjukkan bacaan yang ada pada bab 2 buku siswa
b.    Guru menjelaskan genre pada teks yang akan dipelajari, teks tersebut merupakan salah satu contoh artikel yang berisi opini seorang penulis terhadap peristiwa bullying yang diambil dari salah satu majalah
c.    Siswa menemukan banyak contoh artikel berisi opini pada majalah / Koran.

Mempertanyakan

a.       Siswa diminta untuk membaca teks yang ada di buku
b.      Sambil membaca siswa diminta untuk menuliskan pertanyaan- pertanyaan jika ada hal atau isi teks yang tidak dipahaminya
c.       Setelah selesai membaca siswa diminta untuk menyampaikan apa yang mereka pahami dari bacaan tersebut, guru mengusahakan agar penjelasan setiap paragraph disampaikan oleh siswa yang berbeda.

  
Mengeksplorasi

a.    Siswa diminta untuk menuliskan opini terhadap beberapa hal yang ada di buku teks
b.    Siswa membuat  percakapan yang berisi tentang opini
c.    Siswa merevisi timbal balik yang di berikan oleh guru

Mengasosiasi

a.    Siswa mengelompokkan opini yang sama dengan cara membandingkan alas an yang diberikan
b.     Siswa membandingkan informasi yang berupa fakta dan yang berupa pendapat

Mengomunikasikan

a.       Siswa menentukan tema yang ramai di bicarakan atau trending topic di media kemudian siswa meminta opini kepada orang tua terkait dengan tema tersebut

3.                  Penutup

a.         Siswa di beri tugas untuk menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar
b.        Salam penutup

H.                Penilaian

1.      Jenis /teknik penilaian
-          Tes tulis dan tes kinerja
 Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung selama pembelajaran berlangsung sejak aktivitas mengamati,menanya,mengeksplorasi, mengasosiasi, hingga mengkomunikasikan.
Sikap
-          Observasi,penilaian diri, teman sejawat
(capaian siswa di nilai oleh guru ,siswa sendiri, dan temannnya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian yang disertai rubric)
-          Jurnal di daalam dan di luar berupa catatan pendidik Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakup sikap dan keterampilan

Pengetahuan
Pengetahuan siswa tentang struktur teks,unsure kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes tertulis dan lisan dan penugasan

Keterampilan
Unjuk kerja/praktik,jurnal





2.      Bentuk instrument dan instrument
Roleplay(memerankan dialog dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang opini atau pendapat dan tes tertulis (membuat dialog yang dimodifikasi dengan bahasa sendiri)
3.      Pedoman Penskoran
Rubrik
a.       Aspek sikap

no
Butir sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1
Jujur
5 : selalu jujur
4 : sering jujur
3 : Kadang-kadang       jujur
2 : jarang jujur
1 : tidak pernah jujur

2
Bertanggung jawab
5 : selalu tanggung jawab
4 : sering tanggung jawab
3 : kadang kadang tanggung jawab
2 : jarang tanggung jawab
1 :  tidak pernah tanggung jawab

3
Kerjasama
5 :  selalu kerjasama
4 :  sering kerjasama
3 : kadang kadang kerjasama
2 : jarang kerjasama
1 : tidak pernah kerjasama

4
Disiplin
5 : selalu disiplin
4 ; sering disiplin
3 : kadang kadang disiplin
2 : jarang disiplin
1 ;  tidak pernah disiplin

5
Percaya diri
5 : selalu percaya diri
4 : sering percaya diri
3 : kadang kadang percaya diri
2 : jarang percaya diri
1 : tidak pernah percaya diri





b.      Aspek pengetahuan


no
Butir sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1
pengucapan
5 : Hampir sempurna
4 : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 : banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 : terlalu banyak kesalahan dan sulit dipahami

2
Intonasi
5 : Hampir sempurna
4 : ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 : ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 : banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 : terlalu banyak kesalahan sehingga sulit di pahami

3
Ketelitian
5 : sangat teliti
4 : teliti
3 : cukup teliti
2 : kurang teliti
1 : tidak teliti

4
Pemahaman
5 : sangat memahami
4 : memahami
3 : cukup memahami
1 : tidak memahami


  


C.    Aspek Keterampilan

no
Butir soal
descripsion
Perolehan skor
1
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5= selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4=Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3=beberapa kali melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2=Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1=tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat


     
                                                                  Mranggen,   Juli 2014

 Mengetahui
   Kepala Sekolah                                                   Guru Mata Pelajaran


                                          
 chapter 3 klik disini 
 chapter 4 klik disini 
 chapter 5 klik disini 









0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home