Sunday, April 30, 2017

proposal Agribisnis



BAB I
RANGKUMAN EKSEKUTIF

1.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan Gazelle Distro yang berdiri di kota Sigli, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Gazelle Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri khas Indonesia.

1.2.   Visi dan Misi
Visi     : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi    : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto : Gazelle Distro : The Satisfied Of Customers Is Number One”

1.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Simpang Jalan Lingkar Kota Sigli  karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

1.4.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.

1.5.   Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

1.6.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Gazelle Distro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

1.7.   Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB II
ANALISIS INDUSTRI

2.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat  Kota Sigli dan sekitarnya pada saat ini sangat besar.

2.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

2.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Gazelle Distro membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan



BAB III
DESKRIPSI USAHA

3.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
ü  Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
ü  Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
ü  Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
ü  Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
ü  kualitas produk terjamin
ü  sesuai dengan selera masyarakat

3.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan Gazelle Distro  di Jl. Banda Aceh Medan Simpang Empat Keunire ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.

BAB IV
RENCANA PRODUKSI

4.1.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.




BAB V
RENCANA PEMASARAN

5.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.  
89.000,-
2
Kaos
> Rp.  
90.000,-
3
Jeans
> Rp.
180.900,-
4
Gaun 
> Rp.
235.800,-
5
Kerudung
> Rp.  
69.900,-
6
Rok
> Rp.
109.900,-
7
Jaket
> Rp.
199.900,-
8
Aksesoris
Rp.
24.500,-   s.d Rp. 78.900,-

5.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya. 

5.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan 
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
ü  Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
ü  Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
ü  Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
BAB VI
PERENCANAAN ORGANISASI

6.1.   Job Description
ü  Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
ü  Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
ü  Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
ü  Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
ü  Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.

6.2.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan Gazelle Distro  yaitu perserongan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik distro. 


BAB VII
RISIKO

7.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
7.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN

8.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Gazelle Distro  yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
8.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior

Rp.   20.000.000,-
Kulakan baju grosir

Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama

Rp.   60.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi

Rp. 685.000.000,-

2.      Biaya lain-lain
ü  Listrik                                                       Rp. 12.000.000,-
ü  Asuransi                                                   Rp. 11.000.000,-
ü  Transportasi                                            Rp.   6.500.000,-
ü  Administrasi                                            Rp.   4.500.000,-
ü  Pajak                                                         Rp.   2.750.000,-
ü  Pemeliharaan gedung dan peralatan    Rp.   6.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                             Rp. 42.750.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                      Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                         Rp.   42.750.000,-    +
Total                                                                     Rp. 667.250.000

8.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

8.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap

1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 60.000.000,-
Jumlah
Rp. 67.000.000,-


Biaya variable/ produksi

Kulakan baju grosir
Rp. 600.000.000,-
Jumlah
Rp. 600.000.000,-


Biaya-biaya lain

1.   Listrik                                          
2.   Asuransi                                      
3.   Transportasi       
4.   Administrasi
5.   Pajak                    
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp.   6.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 703.700.000,-


Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 960.000.000,-


PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 256.300.000,-






BAB IX
PENUTUP

9.1. Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempuyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengambangkan usaha ini.



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home