proposal Agribisnis
BAB I
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
1.1.
Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan
semakin tingginya kebutuhan
masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka
suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri
atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran
yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan
di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan
sebuah usaha Distro yang dinamakan Gazelle
Distro
yang berdiri di kota Sigli, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya
masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan
pentingnya kebutuhan
fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Gazelle
Distro
didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri khas
Indonesia.
1.2.
Visi dan Misi
Visi :
Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
fashion yang up to date untuk memberikan warna
dan gaya dalam kehidupan.
Misi :
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan
berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto : ” Gazelle
Distro : The
Satisfied Of Customers Is Number One”
1.3.
Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat
yang strategis di Simpang Jalan Lingkar Kota Sigli karena berada tidak jauh dari Pusat Kota,
lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu
lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
1.4.
Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul
09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
1.5.
Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam
melayani pelanggan adalah ”Comfortable and
High Quality Service”
sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat
mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.
1.6.
Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang
perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta
menyediakan brosur promosi.
Selain
itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa
dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line. Dengan cara ini kami optimis Gazelle
Distro
akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
1.7.
Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah :
anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
BAB II
ANALISIS
INDUSTRI
2.1.
Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan
lokasi yang
strategis,
maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion
di kalangan masyarakat Kota Sigli dan
sekitarnya pada
saat ini sangat besar.
2.2.
Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat
belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
2.3.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Gazelle
Distro
membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau
dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan
suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat
merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena
segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini
dapat memicu persaingan dengan usaha distro
lainnya.
Pada
awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,
akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami
untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
BAB III
DESKRIPSI
USAHA
3.1.
Produk yang dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga
menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk
yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
ü Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
ü Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan
style yang uptodate
ü Hasil
sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan
produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan
manfaat. Selain
itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
ü Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen,
ü kualitas produk terjamin
ü sesuai dengan selera masyarakat
3.2.
Ruang Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena
semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari
itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan
Gazelle
Distro
di Jl. Banda Aceh Medan Simpang Empat
Keunire ini sudah memenuhi persyaratan
berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari
pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah
lancar.
BAB IV
RENCANA
PRODUKSI
4.1.
Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
BAB V
RENCANA
PEMASARAN
5.1.
Penetapan Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
|
1
|
Kemeja
|
> Rp.
|
89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp.
|
90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp.
|
180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp.
|
235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp.
|
69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp.
|
109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp.
|
199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp.
|
24.500,-
s.d Rp. 78.900,-
|
5.2.
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
5.3.
Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada
perusahaan ini antara lain :
ü Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
ü Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
ü Membuat
catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
BAB VI
PERENCANAAN
ORGANISASI
6.1.
Job Description
ü Pemilik
usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan
sekali dari hasil usaha.
ü Sekretaris
bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat
data.
ü Bendahara
bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
ü Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab
mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan
bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani
pelanggan.
ü Karyawan
bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan
prima.
6.2.
Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini
terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat
pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro.
Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status
Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis
ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan Gazelle
Distro
yaitu perserongan. Dimana pengelolaannya
di lakukan langsung oleh pemilik distro.
BAB VII
RISIKO
7.1.
Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis
SWOT)
Strength
(Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.
Memberikan pelayanan terbaik terhadap
pelanggan
4.
Menjual produk yang berkualitas
|
Weaknes
(Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan
yang berskala nasional
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
|
Oportunity
(Peluang)
1.
Dengan tetap manjaga mutu dan
kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing
dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.
Saat ini dengan belum adanya
perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami
yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
Threaty
(Ancaman)
: Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi
perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
7.2.
Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa
ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro
maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih
mudah dan murah
ataupun distro yang berskala internasional. Dengan
ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi
hal ini, maka kami selalu memberikan dan
menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan
masyarakat. Dengan
begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang
ke tempat
kami.
BAB VIII
PERENCANAAN
PERMODALAN
8.1.
Sumber-sumber permodalan
Sebagai
sumber awal mula pendirian Gazelle
Distro
yaitu dari pemilik distro sendiri.
Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
8.2.
Neraca Permulaan Perusahaan
a)
Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1.
Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 60.000.000 ,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp.
685.000.000,-
|
2.
Biaya
lain-lain
ü Listrik
Rp.
12.000.000,-
ü Asuransi
Rp.
11.000.000,-
ü Transportasi
Rp. 6.500.000,-
ü Administrasi
Rp. 4.500.000,-
ü Pajak Rp. 2.750.000,-
ü
Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp.
6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-

Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah
modal produksi Rp.
710.000.000,-

Total
Rp.
667.250.000
8.3.
Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan
kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu
menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan
bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah
bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan
seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan
untuk ekspansi ke luar daerah.
8.4.
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH
(RP)
|
|
Biaya
tetap
|
||
1.
Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2. Gaji
pegawai
|
Rp.
60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
Biaya
variable/ produksi
|
||
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya-biaya
lain
|
||
1.
Listrik
2.
Asuransi
3.
Transportasi
4.
Administrasi
5.
Pajak
|
Rp.
12.000.000,-
Rp.
11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total
Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL
MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp.
960.000.000,-
|
|
TOTAL
PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total
Pendapatan
Total
modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL
KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
BAB IX
PENUTUP
9.1. Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang
dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan
terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempuyai kualitas dalam
menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung
berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan
mengambangkan usaha ini.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home