Makalah Microsoft Office
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office
hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali
diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi
nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office
menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai
pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang
handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office
3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95
bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95.
Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows
3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.
Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office
sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta
digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di
Indonesia.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian microsoft office?
2.
Bagaimana
perkembangan microsoft office ?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk
mengetahui penjelasan dari microsoft office.
2.
Agar
siswa dapat mengetahui perkembangan microsof office.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Microsoft Office adalah sebutan untuk paket
aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah
sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang
terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai
paket dari tiga aplikasi yang dirancang
untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel
untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.
B.
Perkembangan Microsoft Office
1.
Microsoft Office 98 (Office 8.0)
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan
dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal
yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya.
Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar
Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
2.
Microsoft Office 2003. (Office 11.0)
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan
fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan
OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta
Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos
authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga
ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi
terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang
paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun
waktu terakhir 2009.
Microsoft Office 2003 adalah seri lanjutan dari aplikasi
Microsoft Windows XP yang telah diperbaiki dan ditambahkan beberapa fitur baru
diantaranya, dalam aplikasi Microsoft Office 2003 juga terdapat beberapa fitur
seperti Microsoft Word, Microsoft Excel 2003, Microsoft Power Point 2003,
Microsof Acces dan lain-lainnya. Aplikasi baru tersebut salah satunya adalah
One Note. Aplikasi ini berfungsi mengendalikan sebuah fungsi teks, sebuah file
audio dan gambar menjadi satu tempat.
Selain itu juga tersedia Microsoft Outlook yang berfungsi
mengontrol dan memudahkan kita pada beberapa fitur seperti pengiriman e-mail, informasi
tentang kalender, dan lebih mudah untuk menemukan beberapa folder yang memiliki
format microsoft.
Fitur Microsoft office Acces 2003, juga mampu mem-backup
data, melakukan pengecekan untuk beberapa file yang rusak. Sementara itu fitur
Microsoft Front Page 2003 merupakan sebuah solusi yang ditawarkan untuk membuka
file dengan format web. Fitur ini didukung juga oleh beberapa aplikasi tambahan
seperti Adobe Flash. Toolbar pada Microsoft Office 2003 juga sudah diperbaiki
dan terasa lebih nyaman.
Beberapa
toolbar penting dalam penggunaan Microsoft Word 2003 di antaranya sebagai
berikut.
1.
File.
Jika kita menggerakkan kursor ke pojok kiri atas, maka kita
melihat tulisan "file". Fungsinya adalah membuka dokumen baru,
membuka dokumen yang sudah kita kerjakan dan telah disimpan, melakukan
pengelolaan terhadap jumlah halaman yang kita inginkan, mengatur ukuran kertas,
dan mencetak (print) sebuah file yang telah dikerjakan.
2.
Edit.
Bergeser ke sebelah kanan kita akan temukan tulisan
"edit". Di bagian ini terdapat banyak fitur, di antaranya kita bisa
menyalin sebuah pekerjaan dalam file microsoft, menghilangkan sebuah file yang
tidak kita inginkan dengan cara mengklik tulisan "cut".
3.
View.
Sebuah fitur yang memudahkan kita melihat sebuah dokumen
secara lebih terperinci, karena ada menu memperbesar dokumen, melihat tampilan
sebelum melakukan print, mengubah tampilan untuk membaca sebuah dokumen, dan
sebagainya.
4.
Insert.
Berfungsi untuk menambahkan sebuah objek dalam di dokumen.
Misalnya jika kita ingin menamilkan sebuah grafis, nomor halaman, catatan kaki,
dan lain-lainnya.
5.
Tools.
Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengecekan ulang
terhadap tata bahasa (terutama untuk bahasa Inggris), pencarian dokumen
tertentu, dan kita juga bisa melakukan semua kontrol Microsoft Office 2003
lewat menu ini.
6.
Format.
Hal ini berfungsi melakukan pengontrolan font, paragraf,
simbol, nomor dan juga bisa membagi halaman microsoft word menjadi beberapa
bagian, sesuai dengan yang kita inginkan.
7.
Table.
Menu ini berfungsi untuk membuat tabel sesuai dengan yang
kita inginkan. Mulai dari membaut kolom, jumlah kolom, tombol otomatis untuk
merapikan kolom, dan hal lainnya.
Selain itu, bagian dalam Microsoft Office 2003 lainnya
adalah Microsoft Excel dan Microsoft Power Point dimana Microsoft Excel
berfungsi memudahkan pekerjaan kita karena berbentuk lembar kerja (worksheet).
Jika ingin melakukan penghitungan otomatis, kita bisa melakukannya dalam
Microsoft Excel ini. Sementara Microsoft Power Point adalah sebuah program yang
digunakan untuk memudahkan kita saat melakukan presentasi dalam kegiatan
bisnis. Dengan tema dan background yang bisa diganti sesuai dengan keinginan,
maka aktivitas presentasi menjadi lebih menyenangkan.
Sampai saat ini Microsoft Office 2003 tidak hanya bekerja pada
sistem operasi Windows saja, tapi juga sudah bekerja pada sistem operasi buatan
Apple, yaitu Ios. Meskipun sistem operasi sebuah perangkat pc atau laptop terus
berkembang dan diperbaharui, tapi Microsoft Office 2003, tetap diminati, karena
ukurannya yang tidak terlalu besar dan tampilannya yang nyaman.
3.
Microsoft Office 2007 (Office 12.0)
Versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga
adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan
baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti
menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2.
Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser
kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri
dengan adanya peningkatan teknologi.
Office 2002 maupun di Office 2003 masih bisa digunakan.
Namun kali ini Menurut Junita Leeman, Marketing Manager Microsoft Office
Indonesia “Microsoft Office 2007 hadir dengan fasiltas yang disebut dengan
Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features
yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat
dengan sangat berarti, demikian Junita menjelasakan salah satu kelebihan
Microsoft Office 2007 yang diluncurkan tanggal 7 Desember 2006.
Berikut
ini beberapa hal penting yang membedakan Office 2007 dari Office versi-versi
sebelumnya.
Ø Tampilan
(User Interface)
Tampilan Office 2007 dibuat lebih sederhana tapi lebih
berdaya guna. Pada Office 2007, tata letak daftar menu dan submenu tidak lagi
sama dengan versi-versi sebelumnya. Sebagai gantinya, menu-menu dan submenu
diatur sedemikian rupa untuk bisa lebih mudah dieksplorasi ketika bekerja.
Salah satu contohnya dalah adanya Ribbon, yang berisi toolbar yang melekatkan
beberapa tombol pintas untuk mengerjakan berbagai hal.
Ø Perbaikan
Aplikasi-aplikasinya
Office 2007 juga memberikan beberapa perbaikan pada
aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya. Sebagai contoh, pada Office 2007, Word
dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing, formula pada Excel lebih mudah
direferensikan, presentasi dengan PowerPoint menjadi lebih atraktif, Outlook
menambahkan fitur ‘Task and Time Management’, dan perbaikan integrasi antar
aplikasi dalam Office 2007. Disamping itu, Office 2007 juga dilengkapi dengan
beberapa aplikasi yang tidak ada pada Office versi-versi sebelumnya. Salah
satunya adalah aplikasi OneNote, yaitu sebuah aplikasi untuk menulis
catatan-catatan kecil, materi-materi kuliah, jadwal kegiatan, planning kegiatan
untuk seminggu ke depan, untuk mencatat ide yang datang secara tiba-tiba,
bahkan dapat digunakan seperti diary atau catatan sehari-hari.
Ø Interaksi
yang Lebih Mudah dengan Dunia Maya
Salah satu contohnya adalah dengan mudah kita bisa langsung
mem-post sebuah tulisan kita yang ada di Word ke blog kita yang ada di dunia
maya. SmartArt
Pada Office 2007 terdapat sebuah tools yang cukup menarik
bernama SmartArt. Tools ini terletak di menu insert dan grup pilihan
Illustration. Kenapa diberinama SmartArt, karena tools bisa digunakan untuk
memperindah pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk
graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80 template yang
bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda.
Ø Format
File
Pada Microsoft Office 2007, Microsoft sudah menyertakan
fitur baru untuk menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan
XPS. Untuk bisa menggunakannya cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save
As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan
file dalam format PDF tersebut.
Format file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh
file berformat Word yang tadinya berakhiran DOC, Microroft Excel berakhir XLS,
PowerPoint berakhir.PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel
dan PPTX untuk PowerPoint.
Perubahan yang cukup berarti juga terdapat pada Microsoft
Outlook 2007. Di mana Microsoft telah menambahkan sebuah kolom pada main
window-nya. Kolom yang tadinya hanya tiga bagian sekarang menjadi empat bagian.
Tiga kolom yang sudah ada adalah kolom e-mail, alamat dari e-mail dan isi
e-mail yang sedang dibuka. Kolom tambahan yang keempat adalah kolom To Do Bar,
di mana kolom ini akan menampilkan kalender pada saat Outlook tersebut Anda
buka yang di dalamnya akan terdapat appointment dan tasks yang sudah Anda
tentukan sebelumnya.
Microsoft Access 2007 hampir berobah secara total, dimana
berbagai penambahan baik interface maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya.
Ketika Anda mulai membuka aplikasi Access, pertama yang akan terlihat adalah
interface yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya. Pada
window pertama Anda akan berhadapan dengan pilihan berbagai kategori template
yang sudah tersedia, baik itu kategori template yang sudah terinstal di dalam
komputer Anda maupun kategori template yang harus di-download terlebih dahulu.
Jika Anda ingin membuat database sendiri pilih ka tegori template “Featuring”
yang di dalamnya terdapat satu buah pilihan, yaitu Blank Database. Setelah itu
Anda tinggal meneruskan untuk membuat database Acces untuk data-data Anda.
Selain itu Microsoft Access 2007 juga mempunyai kemampuan untuk proses impor
dan export data.
Selain aplikasi standar tersebut pada Microsoft Office 2007
ini juga dibundel Microsoft Publisher 2007 yang digunakan untuk keperluan
desain majalah, buku, dan lain-lain. Hadir juga InfoPath 2007, OneNote 2007,
Groove 2007 dan Coomunicator 2007. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan terakhir
ini merupakan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan perkantoran
modern saat ini.
4.
Microsoft Office 2010. (Office 14.0)
Untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan
dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karena adanya takhayul
terhadap nomor 13! Aplikasi yang diberi nama Office 14, atau kadang disebut
juga Office 2010 itu memang telah dipersiapkan Microsoft dengan matang untuk
menjadi jagoan baru Microsoft Office. Office 2010 mungkin terlebih dahulu
datang pada versi beta kuartal ketiga 2009. Baru kemudian, versi lengkapnya di
pertengahan 2010,Walaupun belum lengkap, terdapat banyak fitur
menarik yang ditawarkan Microsoft Office 2010 ini. Diantara fitur baru
yang menarik adalah :
ü Tampilan Splash Screen lebih keren :
ü File Atrribute langsung ditampilkan
ketika kita klik Tombol Office (yang didalamnya memuat menu Open, Save, Close,
Exit, Print, dll)
ü Pengaturan Page Setup dan Print
dalam satu Halaman pada Print Preview, sehingga lebih cepat dalam mengatur
Dokumen yang akan dicetak
ü Support untuk menyimpan file dalam
format PDF, XPS Dokumen, Open Documet, dll
ü Dilengkapi Screenshoot, yaitu fungsi
untuk meng-insert gambar dari jendela-jendela Software yang sedang aktif pada
Windows, semudah memasukkan gambar dari Clip Art
ü Pada Power Point, kita dapat
mengedit tabel dari Microsoft Excel (support Insert Object Microsoft Excel)
Berikut
adalah pemaparan beberapa fitur baru yang disematkan Microsoft ke dalam
Microsoft Office 2010:
1.
Penyimpanan Dokumen
Anda bisa langsung mengunggah dokumen Anda ke account
Windows Live SkyDrive dan mengaksesnya dari komputer lain darimana pun.
SkyDrive menyediakan ruang sebesar 25 GB sebagai media penyimpanan online
gratis, karena layanan ini terintegrasi dengan Office Web Apps. Anda dapat
melihat dan mengedit dokumen-dokumen ini di mana saja menggunakan web browser
tanpa membutuhkan Microsoft Office (bahkan pada Mac).
2.
Video di Dalam Presentasi Anda
Anda dapat dengan mudah menambahkan video klip dari internet
ke dalam presentasi PowerPoint Anda seperti video Flash dalam halaman web
biasa. Caranya mudah sekali, hanya dengan menyalin kode embed dari YouTube
(atau situs sharing video lainnya) dan menempelkannya pada bagian dimana saja
pada slide Anda.
3.
Quick Steps in Outlook
Gmail menyertakan fitur “Send dan Archive” yang bersifat
multi-tasking. Ketika Anda mengklik tombol ini, pertama kali akan mengirim
balasan dan kemudian tersimpan sebagai arsip hanya dengan satu kali klik.
Dengan fitur baru “Quick Steps in Outlook“, Anda dapat menggunakan setiap item
Outlook dengan sekali klik saja. Selain “Send dan Archive“, sebagai contoh lain
adalah langkah cepat untuk “Send and Delete”, fitur ini yang akan menghapus
email dari inbox Anda setelah Anda membalas email Anda.
4.
Simpan Sebagai File PDF
Seluruh program Microsoft Office 2010 mempunyai fitur
“built-in PDF writer”, sehingga Anda
dapat dengan mudah menyimpan dokumen ke
format PDF hanya dengan mengklik fitur tersebut. Anda tidak perlu lagi aplikasi
PDF writer lain.
5.
Cetak Dokumen
Microsoft telah merubah dialog box untuk mencetak dokumen
dan hal ini merupakan peningkatan yang luar biasa. Sebagai contoh, Anda dapat
melakukan setting printer (seperti margin halaman, dll) dan melihat
perubahannya pada setiap halaman.
6.
Broadcast Slideshows dalam PowerPoint
PowerPoint 2010 memungkinkan Anda untuk dapat memberikan
presentasi secara online melalui web dan siapa pun di dunia dapat melihat
presentasi Anda menggunakan web browser.
7.
Video Editing dalam PowerPoint
Anda akan dimanjakan dengan fitur baru di PowerPoint 2010,
karena Anda tidak perlu lagi membutuhkan aplikasi video editing ketika Anda
ingin memotong video menjadi beberapa bagian. Pekerjaan ini bisa Anda serahkan
kepada PowerPoint 2010.
8.
Share Presentasi Sebagai Video
PowerPoint 2010 juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam
bentuk file video yang dapat Anda unggah ke YouTube atau mendistribusikan pada
media player portabel seperti iPod.
9.
Built-in Screen Capture
Semua program Office 2010 sekarang tersedia screen clipping
utility. Fitur ini akan secara otomatis mengambil screenshot dari semua
aplikasi yang terbuka pada desktop Anda (tidak termasuk aplikasi yang di-minimize)
dan Anda dapat memasukkannya langsung ke dalam dokumen Anda atau presentasi
Anda. Bisa menggantikan peran aplikasi Snag-It di komputer Anda.
10.
Outlook Social Connector
Bila Anda membuka pesan email dalam Outlook 2010, akan
ditampilkan informasi terkait seperti attachments file, gambar, meeting requests, dan semua pesan email
sebelumnya yang mungkin ditukar dengan yang lain (seperti Xobni).
5.
Microsoft Office 2013. (Office 15)
Office 2013 adalah lebih "berbasis cloud" dari
versi sebelumnya. Hal ini terkenal
sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive . Juga, Microsoft berharap bahwa pengguna akan
mendapatkan Office 2013 sampai Office 365 .
icrosoft Office 2.013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO
/ IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file
serta OASIS ODF 1.2 [14] yang Office 2.013 dapat membaca dan menulis. [15]
Selain itu, Kantor 2.013 menyediakan penuh membaca, menulis, dan mengedit
dukungan untuk ISO32000 (PDF).
Microsoft juga mendukung Office Open XML Ketat, format yang
Microsoft telah disampaikan kepada ISO untuk interoperabilitas dengan suite
kantor lainnya, dan untuk membantu adopsi di sektor publik.
Fitur baru juga
termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam PowerPoint dan sentuhan
ditingkatkan dan tinta dalam semua program Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video
dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web.
[17] Word dan PowerPoint juga memiliki bookmark-seperti fitur yang sinkron
posisi dokumen antara komputer yang berbeda.
Fitur Office 2.013 meliputi:
ü Sentuh mode bersama dengan perangkat
sentuh.
ü Datar terlihat dari antarmuka Ribbon
dan animasi yang halus saat mengetik atau memilih (Word dan Excel)
ü Microsoft Outlook sekarang memiliki
visualisasi baru untuk tugas-tugas yang dijadwalkan
ü Baru Mulai Pengalaman
ü Baru grafis pilihan dalam Microsoft
Word
ü Baru keselarasan garis saat benda
bergerak
ü Gambar dukungan online dengan konten
dari Office.com, Bing . com dan Flickr
ü Lanjutkan Membaca di Word dan
PowerPoint
ü Desain slide baru, animasi dan
transisi dalam PowerPoint 2013
ü Dukungan untuk Outlook.com dan
Hotmail . com di Outlook
ü Dukungan untuk Skype dan Yammer
ü Excel 2013 mendukung batas model
baru
Berikut adalah beberapa fitur yang
dihapus dari Microsoft Office 2013.
ü Microsoft Clip Organizer
ü Microsoft Office Picture Manajer
ü Office 2007 dan Office 2010 gaya
grafik
ü Kemampuan untuk menyisipkan Cone 3D,
Piramida, atau Bagan Cylinder
Fitur dihapus dari Microsoft Word
ü Custom XML Markup telah dihapus
karena alasan hukum
ü Objek WordArt tua yang sekarang
menjadi objek WordArt baru
Fitur dihapus dari Microsoft Access
ü Akses Data Proyek (ADP)
ü Dukungan untuk Jet 3.x IISAM
ü Akses kontrol OWC
ü dukungan dBASE Suite [19]
Fitur dihapus dari Microsoft Outlook
ü Unduh modus Header Hanya untuk IMAP
[20]
ü Outlook Exchange Klasik secara
offline
ü Cleanfreebusy beralih
ü Kemampuan untuk mengimpor / Ekspor
ke Aplikasi
ü Catatan dan kustomisasi Journal
ü Outlook Kegiatan tab
ü Outlook Mobile Service (OMS)
ü Outlook Cari melalui Windows Shell
[19]
Fitur dihapus dari Microsoft
PowerPoint
ü Dukungan untuk Menggambar Visio
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Microsoft office selalu berkembang dari tahun ke tahun.
Dalam Perkembangannya selalu manambahkan
fitur-fitur baru yang semakin canggih dan tampilan yang lebih menarik.
Selain itu fitur-fitur baru di tanamkan untuk efisensi waktu saat bekerja
dengan microsoft office.
B.
Saran
Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun
memang perlu kita ketahui, agar supaya kita juga tidak ketinggalan versi-versi
terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian
hidup kita dalam hal pekerjaan “misalnya” tidak lepas dari Aplikasi perkantoran
ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya
ilmiah dan lain sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft office.
Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft
office dan perkembangannya hingga sampai saat ini.
Dalam perjalanannya, Sejarah Microsoft Office banyak
mengalami perubahan dan penambahan fasilitas. Dan untuk mengenal lebih jauh
serta mengikuti perkembangannya, berikut kutipkan dari berbagai sumber sejarah
dan perkembangan Microsoft Office. 1998,2003,2007, 2010,dan 2013.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home