Wednesday, May 10, 2017

RPP Kurikulum 2013 terbaru 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


a. Nama sekolah                     : SMPN 1 MILA
b. Mata pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    Tema/Subtema                    : Keadaan Penduduk Indonesia
c. Kelas/semester;                   : VII/I
d. Materi pokok;                     : - Pengertian dan Bentuk Mobilitas Penduduk.
                                                 - Sarana dan Prasarana Mobilitas Penduduk.


e. Alokasi waktu                    : 2 x 40 M  ( 1 x P )

f. Tujuan pembelajaran            :
1.  Menjelaskan pengertian mobilitas penduduk
2.  Menjelaskan sarana dan prasarana pendukung mobilitas
     penduduk di Indonesia
3.  Menjelaskan rute mobilitas penduduk Indonesia
g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
3.3.    Memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalammasyarakat.

3.3.1.    Mengidentifikasi Komposisi         Penduduk Indonesia
3.3.2.    Mengklasifikasikan komposisi penduduk Indonesia
3.3.3.    Mengklasifikasikan komposisi penduduk Indonesia menurut agama
3.3.4.    Mengklasifikasikan komposisi penduduk Indonesia menurut bidang pekerjaan

3.4. Memahami pengertian dinamika
  interaksi manusia dengan
  lingkungan alam, sosial, budaya,
  dan ekonomi.
3.4.1.    Mendeskripsikan pengertian mobilitas  penduduk Indonesia.
3.4.2.    Mengklasifikasikan sarana dan prasarana pendukung mobilitas penduduk di Indonesia
3.4.3.    Mendeskripsikan rute mobilitas penduduk Indonesia

h. Materi pembelajaran :
Materi Reguler
1.      Pengertianmobilitaspenduduk
2.      saranadanprasaranapendukungmobilitaspenduduk di Indonesia
3.      Rutemobilitaspenduduk Indonesia

Materi Pengayaan
pengertian lembaga sosial
Materi Remedial ( tergantung materi yang belum tuntas)
a.       ... ?
b.      ... ?

i. Metode pembelajaran,  :
·      Pendekatan                              : Sceintific
·      Model Pembelajaran   : PembelajaranBerbasisMasalah (PBM)
·      Metode                                    : tanyajawab, diskusikelompok

j. Media pembelajaran,            :
a. Suasana pada salah satu moda transportasi pengangkut komuter
     (Hal : 90)
b. Kemacetan di  perkotaan sebagai salah satu dampak urbanisasi
     (Hal : 93)
c. Permukiman Kumuh  dan Kemacetan sebagai  dampak dari
    urbanisasi (Hal : 93)
d.  Sarana Transportasi Kereta Api ( Hal : 97)
e. Sarana Transportasi Kapal Laut (Hal :97)
f.  Sarana transportasi udara (Hal : 100)

k. Sumber belajar                    :
a)   Buku Paket IPS SMP/MTs Kelas VII, Halaman : 89 s.d 97. Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
b)   Buku Referensi yang relevan ( disebutkan judul buku)

l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan
  penutup; dan
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Pertemuan ke-1 ( 2 X 40 menit )
1.      Persiapanmengkondisikan peserta didik secara psikisdanfisik, membukapelajarandenganmengucapkan salam,  dan berdoa bersama
2.      Memberimotivasipesertadidikuntukaktifdalamberdiskusi.
3.      Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
4.      Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran.
10 menit
Inti
(Fase 1  :Orientasi peserta didik terhadap masalah )
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan hari ini yaitu peserta didik akan belajar dengan metode diskus, model Discovery Learning
( Fase 2 )Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Peserta didik mengamati gambar-gambar yang ditempelkan di papan tulis yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas
 (Fase 3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok.
Guru mendorong peserta didik untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai,melaksanakan pengujian temuan untukmendapatkan penjelasan dan pemecahanmasalah.
 (Fase 4) Mengembangkan dan menyajikan temuan.
Guru membantu peserta didikdalammerencanakan dan menyiapkan temuanyang sesuai dengan laporan temuan danmembantu mereka untuk berbagi tugas.
(Fase 5)  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka tempuh.
60 Menit


Penutup

a.    Peserta didik dan guru membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu
b.    Peserta didik memberikan tanggapan/refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
c.    Melaksanakan penilaian secara lisan.
d.   Menugaskan peserta didik melacak peta kepadatan penduduk di berbagai provinsi.
e.    Menyampaikan pesan moral kepada peserta didik untuk mengenali dan memelihara keragaman agama.
f.     Menutup pelajaran dengan berdoa.

10 menit





M. Penilaian hasil pembelajaran.
1.      Teknik penilaian
a.    Penilaian Sikap
a.    Observasi
b.   Jurnal
b.   Penilaian Pengetahuan
a.    Tes Tulis
Insrumen Penilaian :
Soal :
1. Jelaskan Pengertian mobilitas penduduk
2. Sebutkan sarana dan prasarana pendukung mobilitas penduduk
        di  Indonesia
3. Jelaskan Rute mobilitas penduduk Indonesia yang kamu ketahui

b.   Observasi Diskusi (lembaran terlampir)
c.    Penilaian Ketrampilan
a.    Kinerja
Siswa bekerja sama dalam berdiskusi
(Rubrik Pengamatan Diskusi Terlampir)
b.   Praktik
(Siswa mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok)
2.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Remedial
Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar akan diremedial pada materi yang belum tuntas.
Soal Remedial :
Apa yang dimaksud dengan  Komposisi Penduduk
....?

2.        Pengayaan
a.       Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan akan diberikan pengayaan materi yang berhubungan dengan Mobilitas Penduduk antar wilayah di Indonesia

Bagi siswa yang belum tuntas akan di beri remedial dengan cara pemberian tugas di rumah.



Mengetahui                                        
Kepala Sekolah,                                 
                                                                                                   Mila.3 september 2016


AMIRUDDIN,  S. Pd                                   FATIMAH, S. Pd
 NIP.196412311984121001                                                   NIP. 196612042007 012001




























RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI

No
Nama Siswa
Kemampuan presentasi
Kemampuan Berargumentasi
Kemampuan menjawab
Penguasaan materi
Jumlah Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22








1) Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4


                                                                                                Mila  3 september 2016
                                                                                                Guru Mata Pelajaran IPS,



                                                                                                 FATIMAH .S.Pd
                                                                                                NIP.196612042007012001













RUBRIK PENILAIAN DISKUSI

No
Nama Siswa
Pemahaman
materi
Kemampuan mengemukakan pendapat
Berkonstribusi
Kemampuan menerima pendapat teman
Jumlah Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30







Keterangan :

1) Skor rentang antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
                                                                                                            .Mila    3 Novenber
                                                                                                            Guru Mata Pelajaran IPS,



 FATIMAH .S.Pd
NIP.196612042007012001



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home