RPP Kurikulum 2013 terbaru 2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
a. Nama sekolah :
SMPN 1 MILA
b. Mata pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/Subtema : Keadaan Penduduk Indonesia
c. Kelas/semester; : VII/I
d.
Materi pokok; : - Pengertian dan Bentuk Mobilitas Penduduk.
- Sarana dan Prasarana Mobilitas Penduduk.
- Sarana dan Prasarana Mobilitas Penduduk.
e. Alokasi waktu : 2 x 40 M ( 1 x P )
f. Tujuan
pembelajaran :
1. Menjelaskan pengertian mobilitas penduduk
1. Menjelaskan pengertian mobilitas penduduk
2. Menjelaskan sarana dan prasarana pendukung
mobilitas
penduduk di Indonesia
penduduk di Indonesia
3. Menjelaskan rute mobilitas penduduk Indonesia
g. Kompetensi dasar dan indikator
pencapaian kompetensi;
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.3.
Memahamijenis-jenis kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalammasyarakat.
|
3.3.1. Mengidentifikasi Komposisi Penduduk Indonesia
3.3.2. Mengklasifikasikan komposisi penduduk
Indonesia
3.3.3. Mengklasifikasikan komposisi penduduk
Indonesia menurut agama
3.3.4. Mengklasifikasikan komposisi penduduk
Indonesia menurut bidang pekerjaan
|
3.4. Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi. |
3.4.1. Mendeskripsikan pengertian mobilitas penduduk Indonesia.
3.4.2. Mengklasifikasikan sarana dan prasarana
pendukung mobilitas penduduk di Indonesia
3.4.3. Mendeskripsikan rute mobilitas penduduk
Indonesia
|
h. Materi pembelajaran :
Materi Reguler
1.
Pengertianmobilitaspenduduk
2.
saranadanprasaranapendukungmobilitaspenduduk
di Indonesia
3.
Rutemobilitaspenduduk
Indonesia
pengertian
lembaga sosial
Materi Remedial ( tergantung
materi yang belum tuntas)
a.
... ?
b.
... ?
i. Metode pembelajaran, :
· Pendekatan : Sceintific
· Model
Pembelajaran :
PembelajaranBerbasisMasalah (PBM)
·
Metode : tanyajawab,
diskusikelompok
j. Media pembelajaran, :
a. Suasana pada
salah satu moda transportasi pengangkut komuter
(Hal : 90)
(Hal : 90)
b. Kemacetan
di perkotaan sebagai salah satu dampak
urbanisasi
(Hal : 93)
c. Permukiman
Kumuh dan Kemacetan sebagai dampak dari
urbanisasi (Hal : 93)
urbanisasi (Hal : 93)
d. Sarana Transportasi Kereta Api ( Hal : 97)
e. Sarana
Transportasi Kapal Laut (Hal :97)
f. Sarana transportasi udara (Hal : 100)
k. Sumber belajar :
a) Buku Paket IPS SMP/MTs
Kelas VII, Halaman : 89 s.d 97. Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia.
b) Buku Referensi yang
relevan ( disebutkan judul buku)
l. Langkah-langkah pembelajaran
dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan
penutup; dan
penutup; dan
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan ke-1 ( 2 X 40 menit )
1.
Persiapanmengkondisikan
peserta didik secara psikisdanfisik,
membukapelajarandenganmengucapkan
salam, dan berdoa bersama
2.
Memberimotivasipesertadidikuntukaktifdalamberdiskusi.
3.
Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
4.
Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
(Fase 1 :Orientasi
peserta didik terhadap masalah )
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan pada pertemuan hari ini yaitu peserta didik akan belajar dengan metode
diskus, model Discovery Learning
( Fase 2 )Mengorganisasi
peserta didik untuk belajar
Peserta
didik mengamati gambar-gambar yang ditempelkan di papan tulis yang
berhubungan dengan materi yang akan dibahas
(Fase 3) Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok.
Guru
mendorong peserta didik untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai,melaksanakan pengujian temuan untukmendapatkan penjelasan dan pemecahanmasalah.
(Fase 4) Mengembangkan
dan menyajikan temuan.
Guru
membantu peserta didikdalammerencanakan dan menyiapkan temuanyang sesuai
dengan laporan temuan danmembantu mereka untuk berbagi tugas.
(Fase 5)
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah.
Guru
membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka tempuh.
|
60 Menit
|
|
||
Penutup
|
a.
Peserta didik dan
guru membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu
b.
Peserta didik
memberikan tanggapan/refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
c.
Melaksanakan
penilaian secara lisan.
d.
Menugaskan
peserta didik melacak
peta kepadatan penduduk di berbagai provinsi.
e.
Menyampaikan
pesan moral kepada peserta didik untuk mengenali dan memelihara keragaman agama.
f.
Menutup pelajaran
dengan berdoa.
|
10 menit
|
|
M. Penilaian hasil pembelajaran.
1. Teknik penilaian
a. Penilaian Sikap
a. Observasi
b. Jurnal
b.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tulis
Insrumen Penilaian :
Soal
:
1.
Jelaskan Pengertian mobilitas penduduk
2.
Sebutkan sarana dan prasarana pendukung mobilitas penduduk
di Indonesia
di Indonesia
3. Jelaskan Rute mobilitas
penduduk Indonesia yang kamu ketahui
b. Observasi Diskusi (lembaran terlampir)
c.
Penilaian Ketrampilan
a. Kinerja
Siswa bekerja sama dalam berdiskusi
(Rubrik Pengamatan Diskusi Terlampir)
b. Praktik
(Siswa mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok)
2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Bagi
siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar akan diremedial pada materi yang
belum tuntas.
Soal
Remedial :
Apa
yang dimaksud dengan Komposisi Penduduk
....?
2.
Pengayaan
a.
Bagi siswa yang
sudah mencapai nilai ketuntasan akan diberikan pengayaan materi yang
berhubungan dengan Mobilitas Penduduk antar wilayah di Indonesia
Bagi siswa yang belum tuntas akan di beri remedial
dengan cara pemberian tugas di rumah.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Kepala Sekolah,
Mila.3
september 2016
AMIRUDDIN, S. Pd FATIMAH, S. Pd
NIP.196412311984121001 NIP. 196612042007 012001
NIP.196412311984121001 NIP. 196612042007 012001
RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI
No
|
Nama Siswa
|
Kemampuan presentasi
|
Kemampuan Berargumentasi
|
Kemampuan menjawab
|
Penguasaan materi
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
1) Skor rentang
antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
Mila 3 september 2016
Guru Mata Pelajaran IPS,
Guru Mata Pelajaran IPS,
FATIMAH .S.Pd
NIP.196612042007012001
NIP.196612042007012001
RUBRIK PENILAIAN DISKUSI
No
|
Nama Siswa
|
Pemahaman
materi
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Berkonstribusi
|
Kemampuan menerima pendapat teman
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1) Skor rentang
antara 1 – 4
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
2) Nilai = jumlah nilai dibagi 4
.Mila 3 Novenber
Guru Mata Pelajaran IPS,
Guru Mata Pelajaran IPS,
FATIMAH .S.Pd
NIP.196612042007012001
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home